SINDOBatam

Terbaru Spirit+

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

275 TKI Bermasalah Kembali Dipulangkan

275 TKI Bermasalah Kembali Dipulangkan
Para TKI bermasalah yang dideportasi pemerintah Malaysia menghuni RPTC Tanjungpinang sebelum dipulangkan ke daerah masing-masing di Tanjungpinang, beberapa waktu lalu. JOKO SULISTYO

PINANG – Rumah Perlindungan Trauma Center (RPTC) Tanjungpinang kembali akan memulangkan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang dideportasi pemerintah Malaysia, melalui Tanjungpinang. Jika sebelumnya ada 639 TKI, kali ini RPTC akan memulangkan 275 orang.

Koordinator Pemulangan Kementerian Sosial Direktorat Rehabilitas Sosial, Tuna Sosial dan Korban Perdagangan RPTC Tanjungpinang Piter M Matekena mengatakan, 275 TKI bermasalah tersebut baru dideportasi dari Malaysia, Kamis (1/6) lalu. Pemulangan dijadwalkan pada pekan ini menunggu kapal Pelni dari Jakarta masuk ke Pelabuhan Sri Bayintan Kijang, Bintan.

Pemulangan warga Indonesia dari RPTC Tanjungpinang menuju kampung halamannya dilaksanakan sesuai dengan jadwal Kapal Pelni tujuan Pelabuhan Tanjungpriok Jakarta dan Pelabuhan Belawan, Medan.

Menurut Piter, banyaknya warga Indonesia dideportasi dari Malaysia rata-rata bermasalah dengan paspor yang mati, kemudian ada yang masuk secara ilegal ke Malaysia. RPTC Tanjungpinang bersifat menampung para TKI yang dideportasi dari Malaysia sebelum dipulangkan ke daerah asal masing-masing.

“TKI yang dideportasi rata-rata karena paspor visa sudah mati, permit juga mati, sebagian lagi karena TKI ilegal,” ujarnya, Minggu (4/6).

Piter mengatakan, RPTC Tanjungpinang telah memulangkan ratusan orang TKI yang dideportasi dari Malaysia. Dalam pekan ini, RPTC Tanjungpinang sudah memulangkan 466 TKI bermasalah ke Jakarta, Jumat ( 2/6). Kemudian, memulangkan lagi 173 orang ke Pelabuhan Belawan, Medan sebanyak 173 orang.

“Yang ke (Pelabuhan) Belawan, TKI yang berasal dari Sumatera Utara, Sumatera Barat, Aceh, dan Riau,” ujar dia.

Loading...

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com