SINDOBatam

Terbaru Spirit+

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Banyak Makanan Kedaluwarsa Beredar di Karimun

Banyak Makanan Kedaluwarsa Beredar di Karimun
Tim Disperindag Karimun dan Kapolsek Tebing memberi pembinaan kepada salah satu pengelola minimarket di wilayah Kecamatan tebing yang menjual barang kedaluwarsa dan tidak berlabel, Senin (5/6).ricky robiansyah

TEBING- Berbagai produk makanan dan minuman kedaluwarsa masih beredar di pasar tradisional ataupun di sejumlah minimarket. Bahkan, tim dari Dinas Perindustrian (Disperindag) Karimun dan Polsek Tebing menemukan barang yang dijual tidak memiliki label.

“Dalam operasi tadi, kami menemukan barang- barang tidak berlabel serta makanan dan minuman yang telah kedaluwarsa,” ujar Kapolsek Tebing AKP Budi Hartono usai razia makanan dan minuman di delapan lokasi di Kecamatan Tebing, Senin (5/6).

Dia mengatakan, selain makanan kedaluwarsa pihaknya juga memeriksa harga sembako serta ketersediaan stok gas elpiji. “Hasil penelusuran di Pasar Teluk Uma, belum ditemukan kenaikan harga terlalu tinggi. Harga sembako masih stabil. Untuk stok elpiji aman hingga Lebaran,” katanya.

Dia menjelaskan, delapan lokasi yang diperiksa adalah supermarket Daily Mart, Toko Among, Pasar Teluk Uma, minimarket Glory, minimarket Century, supermarket Indo PN, minimarket Maju Jaya, minmarket Poros Jaya dan Distributor Gas PT Central Jaya.

“Barang- barang kedaluwarsa meliputi roti, sosis ayam, dan kecap. Sedangkan untuk barang- barang tidak ada label kadaluarsa, kerupuk ikan, roti, susu kental, Sagu, Kurma, Terasi, asam jawa dan snack ringan,” katanya.

Terkait makanan dan minuman tidak memilki label, pihaknya meminta penjual atau pengelola minimarket memberitahukan produsen (pembuat) makanan/minuman untuk memberikan label Kedaluwarsa pada setiap barang dan lebih teliti lagi terhadap barang yang telah habis masa berlakunya. “Kami beri mereka pembinaan agar lebih teliti dalam mendatangkan barang,” ujarnya.

Sedangkan semua barang kedaluwrsa dan tidak memiliki label diamankan di Polsek Tebing. Pihaknya mengimbau kepada masyarakat untuk lebih cermat dalam berbelanja.

“Jangan karena harganya murah lalu asal beli saja tanpa mengecek dulu label dan kedaluwarsa. Itu akan memicu penyakit muncul bahkan bisa keracunan karena makanan atau minuman yang tidak layak konsumsi,” katanya.

Loading...

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com