SINDOBatam

Opini+

Jungkir Balik+

Daftar Sekolah Tak Perlu Antre Sejak Subuh

Daftar Sekolah Tak Perlu Antre Sejak Subuh
Suasana Pendaftaran penerimaan siswa baru di SMA 3. Foto Agung Dedi Lazuardi.

SEKUPANG – Dinas Pendidikan (Disdik) Kota mengizinkan sekolah unggulan menerima siswa hingga 36 siswa per kelas. Kebijakan itu diberikan untuk memaksimalkan penerimaan siswa baru di sekolah negeri saat Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran 2017-2018.

“Kalau SMP harapan kita cuma 32 per kelas, tapi bisa sampai 36 siswa per kelas. Jumlah itu sudah termasuk yang bina lingkungan,” kata Kepala Disdik Batam Muslim Bidin, Senin (29/5).

Sementara untuk SD negeri, menurut aturan memang hanya boleh menampung 28 siswa. Namun biasanya SD negeri bisa diisi hingga 38 siswa per kelas. Sementara total siswa yang diterima di masing-masing sekolah tergantung jumlah kelas dan daya tampung. “Kalau SMP unggulan rata-rata lima kelas,” ujarnya.

Mulai 5 Juni mendatang sekolah unggulan sudah membuka pendaftaran PPDB. Sekolah-sekolah unggulan ini adalah SDN 006 Sekupang, SMP 3, SMP 6 dan SMP 26. Sistem penerimaan siswanya sudah menggunakan sistem online, melalui website resmi disdik Batam http://disdik.batam.go.id atau di https://ppdbbatam.id.

Saat membuka website tersebut, tampilan antarmukanya memberikan pilihan “Daftar Online Sekarang” dan “Download Aplikasi di Playstore”. Dengan mengunggah aplikasi, siswa bisa mendaftar melalui android di rumah masing-masing. “Jadi tak ada lagi antre ngambil nomor antre sejak subuh di sekolah. Daftar lewat rumah juga sudah bisa,” kata Muslim.

Dalam website juga memuat informasi lain, seperti nama sekolah peserta PPDB, daya tampung, lolasi sekolah, prosedur pendaftaran, jadwal pelaksanaan, hasil seleksi hingga rekapitulasi data statistik dan rentang nilai ujian.

Siswa dimungkinkan mendaftar di tiga sekolah berbeda melalui sistem online ini. Untuk SD, pilihan sekolah dibatasi oleh rayonisasi yang dibagi berdasarkan kecamatan. Sementara untuk SMP tidak dibatasi, atau bebas untuk memilih sekolah di seluruh Batam. “Apalagi sekolah unggul kita juga cuma 3. Tapi kalau SD kan rata-rata sama. kualitasnya juga tak jauh beda,” katanya.

SMPN 3 Batam merupakan salah satu sekolah unggul yang membuka PPDB pada 5 Juni mendatang. Sekolah ini menyediakan sembilan kelas untuk siswa barunya. Masing-masing kelas rencananya akan diisi 32 siswa.

Kendati sudah ada sistem online, sekolah ini tetap menyediakan nomor antrean di sekolah. Tujuannya unutk mengantisipasi datangnya orangtua yang mau mendaftarkan anaknya secara manual. “Mana tahu ada orangtua yang kesulitan saat mendaftar nanti,” kata Kepala SMPN 3 Batam, Wiwik Darwiyanti.

Ada serangkaian seleksi yang akan dilakukan untuk menentukan peserta didik yang layak masuk. Selain seleksi administrasi, sekolah ini juga melaksanakan tes tertulis untuk mata pelajaran Matematika, IPA dan Bahasa Indonesia. Soal tes seleksi masuk ini disusun langsung oleh tim yang terdiri dari guru yang berasal dari 3 SMP unggulan di Batam. “Hasilnya nanti akan dirangking di sistem online,” ujarnya.

Loading...

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com