SINDOBatam

Opini+

Jungkir Balik+

Dana PIK Terbatas Benahi Infrastruktur

  • Reporter:
  • Jumat, 19 Mei 2017 | 13:58
  • Dibaca : 110 kali
Dana PIK Terbatas Benahi Infrastruktur
ilustrasi

BATUAJI – Pemko Batam telah menggelontorkan dana Perbaikan Infastruktur Kelurahan (PIK) ke setiap kelurahan tahun ini. Masing-masing kelurahan mendapatkan kucuran dana sebesar Rp1 miliar guna memperbaiki fasilitas di sekitar mereka.

Meski demikian, dana PIK dinilai masih belum mencukupi. Oleh sebab itu, Pemko berenca akan meningkatkan dana dari Rp1 miliar menjadi Rp1,2 miliar di tahun 2018 mendatang.

Perumahan Griya Prima di Kelurahan Buliang, Batuaji mendapatkan bantuan sebesar Rp69 juta. Dana sebesar itu hanya bisa digunakan untuk membangun balai serba guna, sehingga keperluan lain seperti perbaikan jalan dan drainase terpaksa dikesampingkan. “Belum cukup mengakomodir semua kebutuhan pembangunan, dari sekian banyak yang diajukan hanya beberapa yang bisa terlaksana,” kata Ketua RT06 Perumahan Griya Prima, Mulyadi, Kamis (18/5).

Menurut dia, selama ini masih banyak kebutuhan masyarakat yang harus dibangun. Namun karena keterbatasan anggaran, maka harus memprioritaskan usulan-usulan masyarakat yang lebih mendesak. “Kami berharap rencana kenaikan dana PIK tahun depan bisa terealisasi,” ujarnya.

Camat Batuaji Fridkalter, satu kelurahan bisa mengajukan 20 perbaikan infrastruktur dalam setahun sehingga tidak bisa menggunakan seluruh anggaran PIK yang ada. “Memang tidak cukup untuk mengakomodir semua,” kata Fridkalter.

Selama ini penggunaan dana PIK memang masih fokus pada usulan-usulan mendesak, seperti pembangunan fasum, pemasangan batu miring untuk titik drainase yang sudah mengancam lingkungan, semenisasi ataupun peningkatan jalan lingkungan. “Mudah-mudahan wacana peningkatan dana PIK tahun 2018 bisa sedikit membantu kebutuhan yang belum terakomodir di tahun sebelumnya,” ujarnya.

Loading...

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com