Sindo Batam

Dinkes Meranti Temukan Takjil Mengandung Pewarna Tekstil

  • Reporter:
  • Rabu, 31 Mei 2017 | 12:54
  • Dibaca : 65 kali
Dinkes Meranti Temukan Takjil Mengandung Pewarna Tekstil
Petugas Dinkes Meranti melakukan pengecekan terhadap makanan yang dijual pedagang di Jalan Ahmad Yani, Selasa (30/5). ALI MAHMUD

MERANTI- Dinas Kesehatan (Diskes) Kepulauan Meranti menemukan takjil mengandung rhodamin B atau bahan pewarna tekstil yang dijual pedagang di Bazar Ramadan Jalan Ahmad Yani, Selasa (30/5). Makanan ini dianggap berbahaya bagi kesehatan orang yang mengonsumsinya.

“Dari 9 sampel yang kami diambil, satu di antaranya positif mengandung Rhodamin B yang biasanya digunakan untuk pewarna tekstil, berwarna pink,” kata Kabid Kesehatan Masyarakat Dinkes Merantu Ade Suhartian, Selasa (30/5).

Takjil yang dicek antara lain, es teler, es warna pink, kue-kue berwarna mencolok, pempek, kue-kue berwana pink, panganan berbahan ubi, dan es doger. Fokus pengecekan adalah bahan-bahan berbaya jika dikonsumsi seperti borax, formalin, rhodamin B, dan metanil yellow. Ade mengatakan, hasil temuan ini akan ditindaklanjuti. .

Kasi Kesehatan Lingkungan Dinkes Meranti Zulham Efendi menambahkan, pedagang yang diketahui menjual makanan dengan menggunakan bahan pengawet akan diberikan teguran dan pembinaan.

“Karena makanan-makanan tersebut berbahaya kalau sampai dikonsumsi manusia,” katanya.

Ia mengimbau masyarakat agar lebih berhati-hati memilih dan membeli makanan. Jangan tertarik hanya karena makanan tersebut memiliki warna yang terang dan mencolok.

“Bahan-bahan tersebut tidak dibenarkan untuk dikonsumsi. Karena bisa merusak saluran pencernaan dan memicu kanker,” katanya.

Share Berita Ini

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com