Sindo Batam

Guskamla Koarmabar Tangkap Kapal Vietnam

Guskamla Koarmabar Tangkap Kapal Vietnam
Guskamla Koarmabar Tangkap Kapal Vietnam

NATUNA – Gugus Keamanan Laut Komando Armada RI Kawasan Barat (Guskamla Koarmabar) menangkap sebuah kapal berbendera Vietnam di perairan Natuna, Minggu (28/5). Kapal diketahui sedang menangkap ikan dengan ilegal.

Kapal ikan asing (KIA) dengan nama BD 10783 TS berbobot 30 GT itu diamankan Kapal Perang Indonesia (KRI) Fatahillah-36 pada posisi 06° 00″ 00″ LU – 105° 53′ 30″ Kabupaten Natuna. Kapal asing itu tampak dibayang-bayangi Coast Guard Vietnam dengan jarak sekitar 5 nautical miles. Namun pemeriksaan tetap di dalam Zona Eksklusif Ekonomi (ZEE) Indonesia karena kapal Vietnam telah masuk perairan Indonesia.

Komandan Guskamla Armabar Laksamana Pertama TNI Bambang Irwanto yang memimpin armada mengatakan, di dalam kapal asing itu terdapat enam orang yang terdiri dari nahkoda dan anak buah kapal (ABK).

“Mereka melanggar teritorial perairan Indonesia dengan melakukan pencurian sumber daya alam kita. Kawasan penangkap berada di perairan Zona Ekonomi Eksklusif Indonesia (ZEEI),” katanya, Selasa (30/5/2017).

Di dalam kapal ditemukan ikan dan cumi yang diduga dari hasil mencuri di laut Indonesia. Dari hasil pemeriksaan diketahui kapal tersebut tidak memiliki dokumen resmi untuk mengambil ikan di Indonesia.

Komandan Lanal Tarempa, Kepri Letkol Laut, Johan Wahyudi menjelaskan, kapal asing itu telah dibawa ke markas TNI AL guna penyelidikan lebih lanjut. “Barang bukti yang disita adalah 200 kg ikan dan cumi,” ujarnya.

Share Berita Ini

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com