SINDOBatam

Opini+

Jungkir Balik+

Imigrasi Tak Ada Temukan TKA Ilegal di Lobam

  • Reporter:
  • Jumat, 19 Mei 2017 | 13:11
  • Dibaca : 115 kali
Imigrasi Tak Ada Temukan TKA Ilegal di Lobam
Timpora memeriksa kelengkapan dokumen TKA di PT Pertama Presicion Bintan, Kamis (18/5). M ROFIK

BINTAN – Razia yang digelar Tim Pengawasan Orang Asing (Timpora) tidak berhasil menemukan tenaga kerja asing (TKA) ilegal di Kawasan Industri Lobam, Kabupaten Bintan, Kamis (18/5). Dari 60 pekerja asing yang menjalani pemeriksaan, hanya ditemukan 9 orang yang melakukan pelanggaran.

Kesembilan TKA itu belum memiliki Nomor Pokok Wajip Pajak (NPWP), meski sudah bekerja di Indonesia lebih dari 183 hari. Petugas gabungan dari Imigrasi, Kejaksaan, Bea Cukai, Syahbandar, Kantor Pajak, dan Pemkab Bintan melakukan pemeriksaan meliputi dokumen TKA seperti paspor, izin tinggal, IMTA dan lainnya.

“Saat pemeriksaan 27 TKA di PT Esco, kami menemukan ada 9 TKA yang belum memiliki NPWP. Kalau sesuai timetest- nya, 183 hari bekerja di Indonesia dia, mereka sudah jadi subjek wajib pajak,” kata Kasi Pemeriksaan KPP Pratama Bintan Maryati.

Ia mengatakan, temuan ini akan ditindaklanjuti. Meski tidak ada sanksi hukum, namun 9 TKA yang belum punya NPWP itu akan dikenakan denda 2,5%. Selain PT Esco, petugas juga memeriksa 6 TKA di PT Pertama Precision Bintan, serta 27 TKA di PT Singatac Binta.

“Total TKA-nya ada 61 orang, tapi yang satu orang di PT Pertama Presicion Bintan sedang tidak masuk kerja. Semua dokumen para TKA itu lengkap kalau pemeriksaan dari sisi Imigrasi,” ujar Kasi Bagian Humas Imigrasi Tanjunguban Hiba Riansyah.

Menurut Hiba, hasil operasi kali ini menunjukkan para TKA di Kawasan Industri Lobam sudah cakap mengikuti aturan bekerja yang berlaku di Indonesia.

Loading...

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com