SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Jalan Lintas Cikolek Toapaya Ambles 1,5 Meter

  • Reporter:
  • Selasa, 30 Mei 2017 | 13:06
  • Dibaca : 179 kali
Jalan Lintas Cikolek Toapaya Ambles 1,5 Meter
Warga menandai lokasi jalan lintas Toapaya, Bintan yang ambles persis di atas gorong-gorong, Senin (29/5). NOVEL M SINAGA

BINTAN – Jalan Lintas Cikolek KM 35 Desa Toapaya Utara, RT 01 RW 02, Kecamatan Toapaya ambles selebar 1,5 meter, Senin (29/5) pukul 13.00. Badan jalan yang amblas persis berada di atas jalur gorong-gorong.

Untuk menghindari terjadinya kecelakaan lalu lintas, warga setempatmemasang tanda-tanda kerusakan jalan dengan ranting pohon di sekitar lokasi jalan yang ambles. Warga juga mengatur pengendara yang lewat agar memelankan laju kendaraannya.

Beberapa kendaraan berukuran besar, seperti truk dan bus, disarankan balik arah dan tidak melewati jalan tersebut karena dikhawatirkan jalan akan semakin ambles parah. Meski demikian, tak sedikit pengendara yang nekat dan memaksa melintas. Akibatnya, badan jalan sekitar jalan yang amblas mulai retak-retak dan ada yang turun.

“Kalau mobil ini (jenis mini bus) masih bisa lewat kok. Kalau mau putar arah bakal jauh lagi. Tadi waktu lewat sini, saya tidak tahu jalan ini sedang amblas,” ujar Umar, seorang pengendara.

Warga sekitar menduga, jalan Penghubung Kecamatan Toapaya dan Kecamatan Tanjunguban tersebut amblas karena tak tahan lagi menahan beban. Setiap hari, ada belasan truk atau lori pengangkut material bangunan melintas. Apalagi, intensitas hujan relatif tinggi beberapa hari belakangan, yang membuat air di parit dan gorong-gorong sekitar jalan meluap ke badan jalan.

“Tadi saja, masih ada belasan lori pengangkut batu lewat dari sini. Makanya semakin ambles,” kata Kaswar, warga setempat.

Warga berharap, pemerintah segera memperbaiki jalan ini karena rawan kecelakaan, terutama di malam hari. Apalagi, di jalan lintas ini lampu penerangan jalan masih sangat minim.

“Malam kan ramai orang mau tarawih, banyak yang pakai motor. Takutnya mereka kecelakaan karena gelap, tak nampak kalau jalan sini amblas,” kata Kaswar.

Terpisah, Kepala Dinas PU Kabupaten Bintan Juni Rianto berjanji akan segera berkoordinasi dengan instansi terkait untuk membereskan masalah ini. Ia menegaskan, jalan lintas tersebut merupakan jalan yang dibangun Pemprov Kepri.

“Tapi kami akan berusaha mengantisipasi agar tak memakan korban,” katanya.

Kepala Dinas PU Kepri Abu Bakar saat dikonfirmasi mengaku baru tahu jalan tersebut ambles. Ia berjanji segera menurunkan petugas untuk mengecek dan melakukan tindakan antisipasi.

“Kami akan upayakan perbaikan langsung. Anggota kami segera ke lokasi,” katanya.

Loading...

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com