SINDOBatam

Terbaru Metro+

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Kanker Serviks Bisa Dicegah

  • Reporter:
  • Minggu, 4 Juni 2017 | 17:07
  • Dibaca : 275 kali
Kanker Serviks Bisa Dicegah
Dokter Syarifah Halimah, memaparkan seluk beluk penyakit kanker serviks pada seminar kesehatan yang digelar DPD Tiara Kusuma Kepri di Hotel Harmoni, kemarin. Foto Agung Dedi Lazuardi.

NAGOYA – Kanker serviks atau kanker mulut rahim membunuh 700 wanita di dunia setiap harinya. Data WHO itu menunjukkan betapa bahayanya kanker serviks. Tapi banyak lembaga di Indonesia yang rajin membangun kesadaran wanita atas penyakit ini, salah satunya DPD Tiara Kusuma Kepri.

DPD Tiara Kusuma Kepri adalah asosiasi persatuan ahli kecantikan dan pengusaha salon Indonesia. Asosiasi ini bekerjasama dengan Regency Specialist Hospital mengadakan seminar kesehatan bertajuk Kanker Serviks dan Perawatan Kewanitaan. Seminar yang digelar di Ballroom Hotel Harmoni diikuti ratusan wanita, kemarin. Usai seminar, pengurus asosiasi menyantuni 139 anak yatim piatu.

Ketua DPD Tiara Kusuma Kepri Erna Yudiawati menjelaskan tema pencegahan kanker serviks dipilih karena sebagian besar wanita Indonesia belum sepenuhnya paham apalagi sadar bahaya kanker serviks.

Seminar membeberkan seluk beluk kanker serviks mulai dari pencegahan, gejala awal sampai penyembuhan. “Mereka yang hadir tidak hanya dibekali informasi kecantikan dari luar saja tetapi juga kecantikan dari dalam, tentang kesehatan,” ungkap Erna, kemarin.

Sharifah Halimah, ahli kandungan dan kebidanan dari Regency Specialist mengungkapkan kanker serviks adalah penyakit pembunuh wanita nomor satu di Indonesia.

Setidaknya setiap dua menit ada satu orang di dunia yang meninggal karena kanker serviks ini. Berdasarkan data Badan Kesehatan Dunia, setiap hari 40 wanita yang dinyatakan kanker serviks, 20 di antaranya meninggal dunia. Di seluruh dunia, tiap hari sekitar 700 wanita meninggal karena kanker serviks.

Kanker serviks sebagian besar disebabkan oleh virus yang ditularkan melalui hubungan seksual yaitu virus human papillomavirus (HPV). Tapi kanker mulut rahim ini bisa dicegah dengan vaksinasi.

“Kanker serviks bisa dicegah dengan tidak melakukan seks bebas dan pemeriksaan papsmear rutin. Bagi wanita muda, vaksin HPV adalah cara terbaik, apalagi biayanya terjangkau,” papar dia.

Loading...

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com