SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Kenduri Ramadan di Masjid Al-Mujahidin Menarik Wisman

Kenduri Ramadan di Masjid Al-Mujahidin Menarik Wisman
Kenduri Ramadan di Masjid Al-Mujahidin Menarik Wisman. Foto Tommy Purniawan.

SINDOBATAM – Kementerian Pariwisata (Kemenpar) memanfaatkan momen Ramadan untuk menggaet wisatawan asing, dengan menggelar berbagai kegiatan keagamaan sebagai tujuan wisata religi.

Salah satunya adalah kenduri Ramadan, untuk program Pesona Indonesia yang digelar di berbagai kota di seluruh Indonesia.

Batam salah satu kota yang menjadi perhatian Kemenpar melaksanakan tujuan tersebut. Di Batam Kenduri Ramadan digelar di Masjid Al-Mujahidin Perumahan Garden Muren Permai (GMP), Seibeduk, Minggu (11/6/2017).

Kepala Bidang Promosi Deputi Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara Wawan Gunawan mengatakan, Ramadan ini merupakan momen tepat untuk menggaet wisatawan ke dalam negeri khususnya di Batam. Pengurus Masjid, dan semua warga Batam diharapkan mampu memanfaatkan momen ini selain sebagai sarana ibadah juga sebagai objek wisata religi.

“Seperti di masjid ini, ada kegiatan Kenduri Ramadan. Ini tentu akan menarik wisatawan baik lokal maupun mancanegara,” ujarnya.

Sektor pariwisata yang digadang-gadangkan pemerintah selama ini, tidak saja berpatok pada wisata keindahan alam atau buatan manusia. Namun tempat ibadah dan momen pelaksanaan ibadah seperti Ramadan ini juga menjadi tolak ukur menarik wisatawan.

“Selain dapat berkah dengan ibadah, kegiatan seperti ini juga dapat rezeki tambahan. Kalau wisatawan ramai datang tentu perputaran uang juga dirasakan jemaah masjid atau warga di sekitarnya,” ujarnya.

Pelaksanaan Kenduri Ramadan dalam program Pesona Indonesia yang digagas Kemenpar, merupakan langkah awal meningkatkan daya tarik wisatawan terhadap destinasi wisata religi di dalam negeri.

“Ke depannya akan ada lagi program-program lainnya. Ini baru langkah awal. Target kami semua lini mendukung kegiatan pariwisata di Indonesia,” ujarnya.

Kepada segenap Pengurus Masjid Al Mujahidin, Gunawan berharap agar lebih giat lagi ke depan baik dalam urusan keagamaan ataupun even-even keagamaan yang unik untuk tetap menarik perhatian wisatawan.

Ketua Panitia Kenduri Ramadan Masjid Al-Mujahidin Muhlis Bin Machin menuturkan, selama Ramadan ini pengurus masjid telah menggelar beragam kegiatan keagamaan yang cukup menarik minta wisatawan di antaranya doa arwah bersama, kajian puasa, pawai ta’aruf, barbiyah subuh, one day one jus dan lain sebagainya.

“Semua kegiatan agama di sini, cukup unik dan menarik. Dan itu sudah direspon sejumlah wisatawan. Jadi, selain berdoa kami juga memang menargetkan menarik minat wisatawan baik lokal ataupun dari Singapura dan Malaysia,” katanya.

Kegiatan terakhir yang digelar pengurus masjid adalah buka bersama dan santunan anak yatim yang digelar Minggu (11/6/2017). Sebanyak 160 anak yatim dan kau duafa mendapat santunan uang tunai. Acara buka bersama tersebut diisi dengan ceramah dari pasangan ustad Dadang Muliawan dan ustadzah Witrin Al Justy dari Jakarta.

Loading...

1 Komentar

  1. Encep Senin, 12 Juni 2017

Theme Portal Berita TUX_URL.com