SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Ketika Tentara di Natuna Bersenandung Al-Quran

Ketika Tentara di Natuna Bersenandung Al-Quran
Amsarudi Daulai, prajurit TNI AD dari Kompi D 136 RK/TS melantunkan bacaan Al-Quran dalam lomba MTQ yang digelar TNI di Masjid Agung Natuna, Rabu (14/6). DOK.TNI AD

Selama Ramadan, banyak dijumpai kegiatan islami yang diselenggarakan berbagai organisasi. Di Natuna, Tentara Nasional Indonesia (TNI) menggelar lomba mengaji.

Lomba ini dalam rangka memperingati Hut Ke – 72 TNI. Gabungan TNI dari Angkatan Darat, Angkatan Laut dan Angkatan Udara mengadakan lomba Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) dan Mushabaqah Hafzhil Quran (MHQ) di Masjid Agung Natuna, Rabu (14/06) kemarin.

Perserta lomba terdiri dari 19 orang peserta MTQ dan 9 orang peserta Hafidz Quran. Para peserta lomba dari berbagai kalangan yakni mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Natuna, TNI AD, TNI AU, TNI AL, Polri, Organisasi masyarakat (Ormas) dan Komunitas Muda Natuna (Komuna).

Acara yang dilaksanakan tanggal 14-15 Juni tersebut dihadiri Wakil Bupati Ngesti Yuni Suprapti, Komandan Lanal Ranai Kolonel Laut (P) Tony Herdijanto, Dandim 0318 Natuna Letkol Inf Ucu Yustiana.

Perlombaan MTQ dan MHQ dilaksanakan tanggal 14 Juni kemarin. Tidak hanya itu saja nantinya juga akan diadakan lomba lainnya yakni paduan suara, perlombaan olahraga, cerdas cermat dan sebagainya.

“Saya berharap kegiatan ini tidak hanya seremonial saja, semoga ini menjadi salah satu upaya TNI berpartisipasi untuk meningkatkan kemampuan baca Al-Quran. Terutama kegiatan MTQ ini saya harapkan bisa dilaksanakan lagi tahun depan. Kebetulan MTQ ini pertama kali diadakan oleh TNI di Kabupaten Natuna,” kata Danlanal Tony.

Dandim 0318 Natuna Letkol Inf Ucu Yustiana berharap kegiatan ini menciptakan generasi muda yang memiliki keimanan dan ketaqwaan kepada tuhan yang maha esa.

Ayat-ayat suci Al-quran yang dilantunkan oleh peserta lomba berkenaan dengan pancasila, mengimbau untuk perdamaian kebhinekaan dan saling menghormati.

“Inti dari MTQ itu sebagai penyampaian pesan kepada seluruh masyarakat tentang keimanan dan ketaqwaan baik untuk masyarakat maupun anggota TNI,” papar Dandim Ucu.

Selanjutnya, untuk lomba paduan suara, lagu yang dibawakan adalah lagu lagu kebangsaan seperti lagu Maju Tak Gentar, lagu Indonesia Pusaka, lagu Berkibarlah Benderaku dan lagu Bangun Pemuda Pemudi.

Lomba ini dimenangkan tim dari Kompi D 136 RK/TS sebagai juara pertama, disusul oleh team dari LANAL Ranai juara kedua dan juara ketiga dari tim Kompi C 136 RK/TS.

Pemenang MTQ Putri. Peringkat 1, Hastri Mardayani Utusan Stai Natuna. Peringkat 2, Jamilah Utusan Stai Natuna. Peringkat 3, Ulva adelia utusan Stai Natuna. Sedangkan pemenang MTQ Putra. Peringkat 1, Amirul Chairi utusan Stai Natuna. Peringkat 2, Muhammad Alif utusan Stai Natuna. Peringkat 3, Amsarudi Daulai Utusan Kompi D.

Di lomba MTQ, mahasiswa STAI Natuna mendominasi juara, hanya satu prajurit TNI yang berhasil juara tiga.

Pemenang MTQ putri yang semuanya berasal dari STAI Natuna yakni peringkat 1, Hastri Mardayani, peringkat 2, Jamilah dan peringkat 3, Ulva Adelia.

Sementara pemenang MTQ Putra adalah Amirul Chaitri (STAI Natuna) dan peringkat dua Muhammad Alif juga dari STAI Natuna.

Seorang prajurit TNI AD berhasil meraih peringkat 3 yakni Amsarudi Daulai. Prajurit itu berasal dari Kompi D. Ada 8 prajurit TNI dan 2 polisi yang ikut lomba MTQ pertama yang digelar TNI di kabupaten paling utara Indonesia itu.

Loading...

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com