SINDOBatam

Opini+

Jungkir Balik+

Lanal Batam Tanam Ribuan Pohon di Pulau Cicir

  • Reporter:
  • Kamis, 1 Juni 2017 | 13:47
  • Dibaca : 116 kali
Lanal Batam Tanam Ribuan Pohon di Pulau Cicir
Lanal Batam Tanam Ribuan Pohon di Pulau Cicir. Foto Tengkubayu

BATUAJI – Lanal Batam melaksanakan karya bhakti TNI AL 2017 di Rumah Bakau Indonesia (RBI) dan Beringin Indonesia di Pulau Cicir, Kelurahan Tanjunguncang, Batuaji. Dalam kegiatan itu, anggota TNI AL menanam 20 ribu pohon Mahoni, 3 ribu pohon Jengkol, 150 pohon Nangka dan 100 batang berbagai jenis tanaman seperti pohon Beringin dan lainnya.

“Ini temanya melalui Karya Bhakti kita perkokoh Kemanunggalan TNI-Rakyat. Sebab dalam penanaman pohon ini kami juga dibantu dengan instansi terkait,” kata Danlanal Batam, Kolonel Laut (P) Ivong Wicaksono Wibowo, kemarin.

Kegiatan ini juga merupakan program TNI AL dalam upaya mendukung program pemerintah. Dalam hal ini sebagai wujud peran TNI dalam melestarikan alam terutama, pohon bakau (mangrove) yang ada di Indonesia.

Dalam penanaman pohon ini Lanal Batam bekerja sama dengan berbagai pihak termasuk, LSM pecinta alam yakni RBI dan Beringin Indonesia. “Ada juga anak sekolah, pejabat pemerintah dan lain sebagainya,” katanya.

Pohon bakau sangat bermanfaat bagi lingkungan, antara lain untuk melindungi daratan dari abrasi laut atau mencegah abrasi, menjaga kualitas air, menjaga pencemaran air laut, mendukung pendapatan ekonomi masyarakat (nelayan) dan melindungi bencana alam. “Hutan bakau akan mencegah daratan agar tidak terkena hempasan badai dan gelombang tsunami,” ujarnya.

Ivong meminta agar semua elemen masyarakat peduli terhadap lingkungannya, terutama di daerah-daerah pesisir. Menurutnya, terpeliharanya hutan bakau dengan baik, maka sangat bermanfaat bagi kehidupan disekitarnya. “Bukan hanya kehidupan binatang lautnya saja, tetapi juga bermanfaat bagi para nelayan,” katanya.

Loading...

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com