Sindo Batam

LAZ Batam, RS Awal Bros dan Poltek Luncurkan Ambulans Laut

  • Reporter:
  • Jumat, 16 Juni 2017 | 12:58
  • Dibaca : 69 kali
LAZ Batam, RS Awal Bros dan Poltek Luncurkan Ambulans Laut
Direktur Politeknik Batam Priyono Eko Sanyoto, Direktur RS Awal Bros Batam dr Widya Putri dan Direktur LAZ Masjid Raya Batam Syarifuddin saat peluncuran ambulans laut di Hotel PIH, Batam Centre, Rabu (14/6). foto iwan sahputra

BATAM KOTA – Lembaga Amil Zakat (LAZ) Masjid Raya Batam bersama RS Awal Bros Batam dan Politeknik Negeri Batam meluncurkan program pengadaan ambulans laut bagi masyarakat hinterland di Hotel PIH Batam Centre, Rabu (14/6).

Kegiatan yang dihadiri Direktur Politeknik Batam Priyono Eko Sanyoto, Direktur RS Awal Bros Batam dr Widya Putri dan Direktur LAZ Masjid Raya Batam Syarifuddin itu bertujuan untuk memberikan kemudahan transportasi bagi masyarakat pulau untuk mendapatkan pelayanan kesehatan dengan maksimal.

Direktur LAZ Masjid Raya Batam Syarifuddin mengatakan, ambulans laut ini untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat hinterland dalam mendapatkan pelayanan kesehatan maksimal. Menurut dia, masyarakat di pulau mengalami kendala dalam transportasi laut ketika mengalami keadaan darurat di bidang kesehatan. “Ini ide kami bersama. LAZ mencari dana dan RS Awal Bros yang mendesain interior dalam, serta Poltek Batam yang merancang kapalnya,” ujarnya.

Pihaknya membutuhkan biaya sebesar Rp1,007 miliar dengan perincian pengadaan kapal Rp915 juta, penyediaan alat kesehatan Rp41 juta dan biaya operasional selama setahun Rp120 juta. Bagi masyarakat yang ingin mendonasikan sebagian hartanya bisa menghubungi ke 0778 460017 atau 0857 65484569. “Selain itu, ambulans ini juga bisa digunakan untuk misi kemanusiaan, baksos dan kegiatan-kegiatan lainnya,” katanya.

Dosen Fakultas Teknik Politeknik Negeri Batam, Sapto Wiratno Satoto mengatakan, ambulans tersebut memiliki ukuran panjang 10 meter dan lebar 2,4 meter dengan jenis speedboat serta menggunakan dua mesin tempel.

Dia mengatakan, pihaknya hanya merancang atau mendesain kapal agar sesuai dengan interior kesehatan di dalamnya. Selanjutnya, mereka menyerahkan kepada salah satu perusahaan galangan kapal untuk produksinya. “Tentunya kami terus berkoordinasi dengan RS Awal Bros untuk menyempurnakan rancangan kapal ini agar dapat digunakan dengan sebaik-baiknya,” ujarnya.

Share Berita Ini

1 Komentar

Theme Portal Berita TUX_URL.com