SINDOBatam

Terbaru Metro+

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Mengaku Bisa Gandakan Uang, Andi Dituntut 20 Bulan Penjara

  • Reporter:
  • Kamis, 15 Juni 2017 | 13:53
  • Dibaca : 108 kali
Mengaku Bisa Gandakan Uang, Andi Dituntut 20 Bulan Penjara
Kakek Pengganda Uang Raup Belasan Juta Rupiah. Foto Aini Lestari

BATAM KOTA – Andi, pria berusia 55 tahun dituntut dengan hukuman 20 Bulan penjara dalam sidang yang digelar di Pengadilan Negeri Batam, Rabu (14/6) siang. Ia dituntut dengan hukuman tersebut setelah melakukan penipuan dengan modus mengaku bisa menggandakan uang.

Jaksa Penuntut Umum (JPU) Rosmalina Sembiring berpendapat, terdakwa terbukti bersalah melakukan tindak pidana penipuan. “Menuntut agar majelis hakim menjatuhkan hukuman 1 tahun dan 8 bulan penjara dikurangi sepenuhnya dengan masa penahanan yang telah dijalani,” kata Rosmalina.

Rosmalina menilai, perbuatan terdakwa telah meresahkan masyarakat dan juga mengakibatkan kerugian pada korban. Sedangkan hal yang meringankan yakni terdakwa mengakui perbuatannya dan tidak berbelit-belit dalam persidangan.

Mendengar tuntutan tersebut, terdakwa mengajukan permohon. Kepada majelis hakim, terdakwa memohon keringanan hukuman. “Anak saya masih kecil, Yang Mulia. Yang kecil masih umur 7 tahun dan yang besar 15 tahun,” kata terdakwa.

Usai mendengar tuntutan tersebut, majelis hakim memutuskan untuk menunda persidangan. Sidang akan dilanjutkan pada Juli mendatang dengan agenda putusan.

Sebelumnya, terdakwa mengaku dirinya hanya menggunakan trik sulap saat menipu korbannya. Ia menggunakan kertas minyak sebagai media untuk menipu sang korban. Hingga akhirnya, ia berhasil mendapatkan uang sebesar Rp5 juta dan 900 dolar Singapura. Uang itu ia gunakan untuk foya-foya.

“Untuk foya-foya saja, Pak. Beli makan, sana sini. Untuk setahun juga. Kan waktu itu bulan puasa juga,” kata terdakwa.

Di persidangan, ia juga diminta memprakteikkan cara melipat sejumlah kertas minyak dan uang yang dijadikan sebagai media untuk menipu korban. Uang senilai Rp2000 yang digunakan dalam praktek tersebut dilipat terdakwa hingga berukuran kecil dan sangat mudah diselipkan ke jari tangan.

Loading...

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com