SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Nakhoda KLM Surya Mentari II Diselamatkan Nelayan

  • Reporter:
  • Kamis, 1 Juni 2017 | 13:27
  • Dibaca : 197 kali
Nakhoda KLM Surya Mentari II Diselamatkan Nelayan
Nakhoda KLM Surya Diselamatkan Nelayan

PINANG – Mangandro (56), nakhoda Kapal Layar Motor (KLM) Surya Mentari II yang dilaporkan hilang setelah kapal yang dibawanya tenggelam akhir pekan lalu, berhasil diselamatkan sejumlah nelayan di perairan Sayak, Kabupaten Lingga, Selasa (30/5).

“Mangandro ini adalah satu dari dua korban kapal tenggelam. Dia ditemukan nelayan yang tinggal di Pulau Lalang, Dabo Singkep, dalam kondisi hidup,” kata Komandan Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal) IV Laksamana Pertama TNI R Eko Suyatno di Tanjungpinang, Rabu (31/5).

Eko mengaku mendapat informasi tersebut dari Komandan Pangkalan Angkatan Laut Dabo Singkep Letkol Laut Agus Yudho Kristianto. Satu korban lagi yakni Firmansyah sebagai koki di kapal itu masih belum ditemukan.

“Korban Mangandro ini berhasil menyelamatkan diri dari gelombang yang tinggi dan arus yang kuat, kemudian korban ditemukan nelayan dalam kondisi hidup,” katanya.

Letkol Laut (P) Agus Yudho Kristianto telah berkomunikasi dengan Kepala Desa Pulau Lalang terkait nakhoda kapal yang berhasil diselamatkan. Mangandro diselamatkan oleh nelayan yang sehari-hari menangkap ikan di di perairan Pulau Lalang yakni Arzakani, M Amin, Rizki dan Iyan.

“Tadi pagi kami sudah menjemput korban. Saat ini, Mangandro sedang dirawat intensif di Posko SAR TNI AL Dabo Singkep,” katanya.

KLM Surya Mentari II bertonase 111 GT berlayar dari Pelabuhan Tanjungbalai Karimun, Rabu (24/5), sekira pukul 23.00, dengan tujuan Pangkal Balam, Kepulauan Bangka Belitung. Pemilik kapal, Ahau kemudian hilang kontak dengan kapal yang berawakkan 8 orang dan membawa muatan 25.000 kotak minuman kaleng tersebut, Kamis (25/5). Ia lalu melaporkannya ke Posal setempat. Dari 8 awak kapal, 6 orang berhasil disleamatkan oleh kapal yang melewati rute KLM Surya Mentari.

Loading...

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com