Sindo Batam

Natuna Andalkan Pasokan Daging dari Batam

Natuna Andalkan Pasokan Daging dari Batam
Seorang pedagang di Pasar Ranai, Natuna, memotong daging sapi untuk dijual ke konsumen. Harga daging di Natuna mulai merangkak naik sepekan terakhir. SHOLEH ARIYANTO

NATUNA – Ketersediaan daging ayam di Natuna dipastikan aman hingga lebaran dengan mendatangkan pasokan dari Batam setelah harga mulai bergejolak beberapa hari belakangan.

Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Usaha Mikro Natuna, Helmi Wahyuda mengungkapkan pasokan daging ayam beberapa pekan ke depan cukup untuk memenuhi permintaan yang diperkirakan melonjak beberapa hari sebelum Lebaran. Pasokan daging ayam tersebut didatangkan dari Batam, sementara pasokan ayam potong dari peternak lokal tidak cukup.

“Rata-rata pengusaha memasok bibit ayam potong dari Batam dikirim menggunakan pesawat. Sementara untuk pasokan daging sapi, aman hingga lebaran nanti,” Helmi di Gedung Sri Serindit belum lama ini.

Kedua komoditas ini mengalami kenaikan harga dalam beberapa hari terakhir meski naiknya tidak signifikan. Daging sapi yang biasanya dijual pedagang Rp120 ribu perkilogram naik menjadi Rp130 kilogram. Sementara ayam potong menjadi Rp45 ribu perkilogram dari harga normal Rp35 ribu perkilogram. Namun ayam potong yang ada sekarang berukuran besar, sementara konsumen paling banyak membeli ukuran 1-2 kilogram.

Kekosongan pasokan ayam potong sudah terjadi sejak tiga hari lalu. Pedagang mengaku, stok ayam di pengusaha ternak juga kosong. Dari tujuh pengusaha ternak ayam potong di Natuna, seluruhnya masih proses pertumbuhan dan baru bisa di panen H-7 dan H-5 lebaran.

“Yang kosong hanya ayam potong dari peternak lokal. Tapi daging ayam dan sapi aman dari pasokan luar daerah,” ujar Yuda.

Share Berita Ini

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com