SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Nikmati Pesona Terumbu Karang Pulau Abang

  • Reporter:
  • Rabu, 31 Mei 2017 | 13:45
  • Dibaca : 215 kali
Nikmati Pesona Terumbu Karang Pulau Abang
Keindahan Alam Wisata di Pulau Abang.

GALANG – Batam memiliki banyak destinasi pariwisata alam yang sangat indah dan tidak dimiliki oleh daerah lainnya di Indonesia. Di antaranya Pulau Abang, terletak di Kecamatan Galang atau berjarak sekitar 55 kilometer dari MukaKuning. Pesona terumbu karangnya membuat pulau ini sangat indah dan juga dijadikan sebagai wisatawan snorkling dan diving.

Untuk bisa mencapai pulau ini, dibutuhkan waktu sekitar 1,5 jam perjalanan dari Batam ke Jembatan VI Barelang. Kemudian dilanjutkan dengan boat pompong dan membutuhkan waktu sekitar 30 menit dari pelabuhan rakyat di Jembatan VI Barelang. Tidak adanya transportasi yang langsung melayani setiap pengunjung membuat wisatawan harus memesan travel agen atau pemandu pariwisata sebelum merasakan keindahan alam bawah lautnya.

Pulau Abang memiliki sekitar sembilan titik (spot) yang sangat ideal dijadikan tempat penyelaman, kondisi cuaca yang paling bagus untuk diving di Pulau Abang adalah sekitar Maret hingga Agustus, ketika musim angin timur, dan September sampai November saat musim angin barat. Pada saat itu, kondisi cuaca terbilang bersahabat dan arus di bawah laut tidak terlalu kencang sehingga sangat nyaman untuk diving.

Galang Bahari Wisata menjadi satu dari beberapa travel agen yang melayani wisatawan asing ataupun lokal yang ingin berlibur ke Pulau Abang. Pengunjung juga bisa memesan pemandu wisata melalui travel agen di Batam yang bergabung dalam Asosiasi Pariwisata Kepri (Aspabri). Dimana para travel agen ini memang fokus dengan pariwisata di Batam dan Kepri.

Pimpinan Galang Bahari Wisata, Zakaria mengatakan Pulau Abang dan sekitarnya memiliki banyak objek wisata. Taman-taman bawah laut yang indah menampilkan terumbu karang yang menarik dihiasi dengan berbagai bentuk, ukuran, dan warna dari banyak makhluk laut, yang merupakan pandangan yang pasti tidak bisa dilupakan setiap orang yang berkunjung ke pulau ini.

“Air lautnya juga sangat jernih, sehingga keindahan terumbu karanganya bisa dilihat dengan sangat jelas,” kata Zakaria, yang juga merupakan penduduk asli Pulau Abang, Sabtu (27/5).

Sebagian besar perairannya memang termasuk taman konservasi terumbu karang. Karena terdapat banyak aneka ikan hias langka seperti teri hijau dan blue coral atau terumbu karang yang harus dilindungi untuk kepentingan ekosistem air laut.

Selain bermata pencaharian sebagai petani warga lokal mengandalkan sektor pariwisata untuk memenuhi kebutuhan hidupnya karena mereka dilarang mengeksploitasi kekayaan alam di laut tersebut. Zakarian baru setahun terakhir benar-benar serius mengelola usahanya itu sebagai pemandu wisata di Pulau Abang dan sekitarnya.

“Kami juga mempunyai tim yang sudah bersertifikat, sehingga setiap wisatawan yang berkunjung akan dipandu dengan sebaik mungkin,” ujarnya.

Ketua ASPABRI, Surya Wijaya mengatakan, sektor pariwisata di Pulau Abang mestinya bisa menghidupi masyarakat setempat karena potensinya yang besar, di antaranya wisata pantai, wisata selam, dan snorkeling. Hanya saja sejauh ini memang belum begitu maksimal dalam pengelolaannya, karena tidak heran kawasan wisata Pulau Abang tidak begitu banyak dikenal.

Sebab itu ASPABRI sebagai travel agen di Kepri telah sepakat bahwa potensi keindahan alam harus dipasarkan kepada para wisatawan baik lokal atupun asing. Pasalnya selama ini pihaknya juga mengakui bahwa promosi Pulau Abang belum dilakukan dengan sepenuhnya, baik dari pemerintah ataupun para pelaku pariwisata yang ada. “Karena itu kami datang ke Pulau Abang, supaya teman-teman semua juga tahu bahwa pariwisata Batam layak untuk dijual,” kata Surya.

Dengan mempromosikan wisata Pulau Abang dia yakini akan mampun memperkenalkan kepada wistawan yang lebih luas lagi. Terumbu Karang yang ada di Pulau Abang juga menurut dia tak kalah indah jika dibanding dengan Bunaken atau Raja Ampat di wilayah timur Indonesia.

Loading...

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com