SINDOBatam

Opini+

Jungkir Balik+

Pemko Pertimbangkan Tutup THM di Batam Selama 12 Hari

  • Reporter:
  • Kamis, 18 Mei 2017 | 13:50
  • Dibaca : 251 kali
Pemko Pertimbangkan Tutup THM di Batam Selama 12 Hari
Wali Kota Batam Muhammad Rudi. Foto Muhammad Arief.

BATAM KOTA – Pemko Batam mempertimbangkan untuk mengambil kebijakan menutup tempat hiburan malam (THM) selama 12 hari pada bulan suci Ramadan. Untuk menetapkan jam buka tutup, Pemko akan mengundang pengusaha membahas hal tersebut.

“Ada wacana baru, THM tutup 4-4-4. Nanti Dinas Pariwisata akan mengundang pengusaha jasa hiburan untuk mendiskusikannya” kata Wali Kota Batam Muhammad Rudi, Rabu (17/5).

Bila pengusaha jasa hiburan setuju, maka pemerintah akan menetapkan THM tutup pada sehari sebelum Ramadhan, tiga hari awal Ramadan, kemudian empat hari pada pertengahan Ramadhan, satu hari pada penghujung Ramadan, dan tiga hari setelah Ramadhan.

Namun, bila pengusaha tidak setuju, maka pemerintah akan kembali menerapkan kebijakan sembilan hari tutup, dengan pola 3-3-3 seperti yang sudah diterapkan bertahun-tahun.

Rudi mengatakan, pertimbangan menutup THM selama 12 hari itu berdasarkan aspirasi masyarakat, juga keinginan untuk mewujudkan Batam sebagai Bandar Dunia Madani. “Kalau maunya MUI tutup total untuk memberi kesempatan umat muslim beribadah. Tapi, di samping ini ada umat lainnya,” ujarnya.

Pemko sudah mendiskusikan rencana penutupan THM selama 12 hari kepada Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD), dan hasilnya tinggal menunggu kesepakatan dengan pengusaha hiburan.

Kepala Dinas Pariwisata Batam, Pebrialin, menjelaskan Pemko akan membatasi operasional hiburan malam seperti diskotik, karaoke, pub, bar dan tempat yang menyajikan pentas musik selama Ramadan. Selain saat hari-hari tutup total, THM juga membatasi operasiolan THM selama Ramadan lainnya, yaitu dimulai pukul 21.00 dan tutup pukul 02.00. “Khusus usaha karaoke keluarga yang tidak menyediakan pemandu lagu dan minuman beralkohol, dapat dimulai pukul 18.00 hingga 24.00,” kata Pebrialin.

Loading...

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com