SINDOBatam

Opini+

Jungkir Balik+

Penampung TKI Divonis 3,5 Tahun Penjara

  • Reporter:
  • Rabu, 31 Mei 2017 | 13:13
  • Dibaca : 102 kali
Penampung TKI Divonis 3,5 Tahun Penjara
ilustrasi

BATAM KOTA – Muhammad Siyam dijatuhi hukuman 3,5 tahun penjara oleh majelis hakim Pengadilan Negeri Batam, Selasa (30/5). Ia dinyatakan bersalah setelah menampung 3 calon TKI yang gagal berangkat ke luar negeri.

Siyam dinyatakan bersalah telah melakukan tindak pidana penempatan orang ke luar negeri tanpa izin sebagaimana dakwaan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Rumondang. Tidak hanya dikenakan hukuman pidana, ia juga dikenakan hukuman denda sebesar Rp2 miliar.

“Bila denda tidak dapat dibayar, maka terdakwa wajib mengganti dengan kurungan penjara selama bulan,” kata ketua majelis Zulkifli didampingi Rozza El Afrina dan Jasael sebagai hakim anggota.

Hukuman yang dijatuhkan kepada Siyam lebih ringan dibandingkan dengan tuntutan JPU Rumondang. Dalam sidang sebelumnya, Siyam dituntut dengan hukuman 5 tahun penjara dengan denda sebesar Rp2 miliar dan subaider 6 bulan. JPU berpendapat, semua unsur dalam dakwaan telah terpenuhi.

Berdasarkan kesaksian para saksi di persidangan diketahui, terdakwa yang menempati rumah kontrakan di Perumahan Legenda Malaka sempat menampung 3 orang TKI yang hendak berangkat ke Singapura. Namun, saat akan berangkat, ketiganya ditolak di pintu pemeriksaan Imigrasi.

“Mereka ditolak berangkat karena tidak menggunakan visa pekerja tapi visa pelancong,” kata JPU Rumondang.

Ketiga calon TKI tersebut ditampung setelah terdakwa menerima telepon dari temannya, Tole dan Bowo yang betada di Jawa Tengah. Kepada terdakwa, keduanya mengatakan bahwa ada calon TKI yang hendak bekerja di luar negeri dan meminta terdakwa menampung ketiga calon TKI di rumahnya hingga jadwal keberangkatan tiba.

Akibat perbuatannya, terdakwa Siyam didakwa dengan pasal 102 ayat (1) UU No 39 Tahun 2004 tentang Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia di Luar Negeri.

Loading...

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com