SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Polres Anambas Razia Toko dan Sita Petasan Ilegal

  • Reporter:
  • Selasa, 20 Juni 2017 | 13:15
  • Dibaca : 118 kali
Polres Anambas Razia Toko dan Sita Petasan Ilegal
Kapolres Anambas AKBP Junoto menunjukkan makanan kadaluwarsa yang diamankan dari pedagang.

ANAMBAS – Beberapa jenis makanan kedaluwarsa dan petasan ilegal disita polisi di sejumlah toko di Anambas. Pedagang tidak ditindak tapi diminta serius memperhatikan masa edar barang dagangannya.

Temuan barang lewat masa edar ini hadil operasi pasar Polres Anambas yang rutin digelar dalam beberapa hari terakhir. Operasi digelar untuk melindungi konsumen menjelang Lebaran dan selama puasa.

Kapolres Anambas AKBP Junoto mengatakan beberapa jenis makanan dan jajanan anak-anak dipastikan sudah kedaluwarsa. Selain makanan juga ada beberapa kosmetik serta petasan yang tidak memiliki izin turut disita polisi.

“Ada jajanan yang berbahaya buat anak-anak karena sudah kedaluwarsa. Anak-anak tidak mengerti kalau jajanannya kedaluwarsa,” ungkap Junoto di Mapolres Anambas, kemarin.

Dalam operasi pasar itu, kepolisian hanya memberikan pemahaman dan pembinaan terhadap para pedagang yang menjual barang kedaluwarsa.

Tapi pedagang diingatkan memperhatikan barang yang dibeli dari agen terkait masa berlakunya sekaligus memastikan barangnya masih layak untuk dikonsumsi.

Sementara dari operasi, polisi menyita 12 jenis makanan dan minuman serta obat-obatan yang habis masa edar tapi masih dipajang di toko-toko.

“Pedagang diberi keringanan dan kami jelaskan UU Perlindungan Konsumen,” sebut Junoto.

Selain operasi pasar, Polsek Anambas juga meningkatkan patroli dan melakukan pengawasan di titik-titik tertentu yang dianggap rawan. Apalagi untuk mengantisipasi kejahatan jalanan juga akan dilakukan patroli secara rutin.

“Patroli ditingkatkan untuk antisipasi pencurian, apalagi menjelang lebaran biasanya ada saja yang melakukan kejahatan,” ujarnya.

Sementara salah satu pedagang, Wibowo mengaku masih lega atas peringatan yang diberikan oleh tim pengawasan makanan dan minuman. Dia mengaku tidak pernah berniat menjual barang yang melewati masa edar.

“Memang ada beberapa makanan yang diambil petugas. Saya tidak sengaja membeli karena begitu barang masuk langsung ditimbun begitu saja. Tidak pernah kepikiran untuk mengecek masa berlakunya,” ujarnya.

Loading...

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com