Sindo Batam

PPDB Online di Bintan Belum Berjalan Maksimal

  • Reporter:
  • Selasa, 6 Juni 2017 | 14:07
  • Dibaca : 117 kali
PPDB Online di Bintan Belum Berjalan Maksimal
Orang tua calon siswa mengambil formulir pendaftaran masuk SMKN I Bintan Utara, di Pasar Baru Tanjunguban, Bintan Utara, Senin (5/6).m rofik

BINTAN UTARA – Pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) secara online belum berjalan maksimal di Kabupaten Bintan. Masyarakat masih terbiasa dengan cara pendaftaran manual. Di SMAN I Bintan Utara, tidak ada satupun calon siswa yang mengambil formulir online, sejak dibuka pada Selasa (30/5).

Kepala SMAN I Bintan Utara Sunaryono mengatakan, pihaknya akan menerima siswa sesuai kapasitas ruang kelas yang dipersiapkan, yaitu 7 ruang kelas, atau sebanyak 252 siswa.

“Saat ini yang mengambil formulir 341 calon siswa. Semuanya secara manual, tidak ada yang mengambil formulir secara online,” ujar Sunaryono ditemui di SMAN I Bintan Utara, Senin (5/6).

Sedangkan pengembalian formulir pendaftaran pada 3-7 Juli, sekaligus melengkapi persyaratan. Sampai penutupan pendaftaran nanti, Sunaryono memperkirakan, sekitar 400 calon siswa yang mengembalikan formulir. Akan ada ratusan siswa yang tidak tertampung karena keterbatasan ruang kelas. Pihaknya akan menganjurkan kepada calon yang tidak lolos seleksi untuk mendaftar ke sekolah lain.

“Sesuai minat dan bakatnya, kalau yang ingin langsung kerja kita sarankan mendaftar ke SMK,” katanya.

Dari kuota sebanyak 252 siswa, pihaknya memberikan prioritas juga kepada siswa berprestasi, baik akademik seperti ranking di kelas maupun non akademik seperti di bidang bahasa Ingris, olah raga, cerdas cermat dan lainnya.

Sementara, panitia penerimaan siswa baru SMKN I Bintan Utara Zulfan Efendi mengatakan, sejak dibuka pengambilan formulir pendaftaran 30 Mei, sebanyak 437 calon siswa mengambil formulir secara manual.

“Hanya 10 calon siswa yang mengambil formulir secara online. Yang secara online mungkin belum terbiasa,” kata Zulfan.

Pihaknya akan menerima siswa baru sesuai kapasitas ruang kelas, yaitu delapan ruang kelas atau sebanyak 288 siswa baru.

Pada saat megembalikan formulir pendaftaran, kata Zulfan, calon siswa harus melengkapi persyaratan. Di antaranya fotokopi dan legalisir surat keterangan lulus, fotokopi dan legalisir raport. Mengisi formulir, pas foto ukuran 3X4 tiga lembar, pas foto ukuran 2×3 dua lembar. Surat keterangan sehat, tidak buta warna dan bebas narkoba, surat piagam prestasi akademik maupunn non akademik bagi yang memiliki. “Ada juga seleksi wawancara oleh guru agama dan bimbingan karir (BK),” ujar Zulfan.

Untuk pemilian jurusan ada dua pilihan, yaitu pilihan pertama dan pilihan kedua. Dalam pengambilan formulir pendaftaran tidak dipungut biaya, gratis. Sedangkan bagi calon siswa yang sudah dinyatakan diterima ada pembiayaan. Namun besarnya uang masuk belum diputuskan pihak sekolah.

“Masih dirapatkan berapa besarannya oleh pihak sekolah,” katanya.

Uang tersebut, kata dia, untuk membeli baju lima pasang meliputi baju Osis, pramuka, olah raga, Melayu, Wearpack, juga untuk uang SPP bulan Juli. Sedangkan kuota penerimaan siswa, 90 persen untuk calon siswa terdekat, 10 persen dari luar daerah.

Share Berita Ini

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com