Sindo Batam

PSMTI Kumpulkan 163 Kantong Darah

PSMTI Kumpulkan 163 Kantong Darah
Panita bersama anggota PMI usai donor darah. Foto Agung Dedi Lazuardi.

LUBUKBAJA – Paguyuban Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) Batam menggelar aksi donor darah untuk membantu memenuhi stok darah di PMI Batam selama Ramadan di Nagoya City Walk, Minggu (18/6).

Sekjen PSMTI Batam Devina Piododa mengatakan, selama ramadan kebutuhan darah cukup meningkat. “Kami tahu banyak yang berpuasa, untuk itu stok darah di PMI harus diperbanyak selama Ramadan,” ujarnya.

Dia menambahkan, agenda donor darah di bulan ramadan menjadi agenda wajib PSMTI Batam, dimana termasuk aksi donor darah yang rutin dilakukan selama setahun digelar setiap 3 bulan sekali. “Jadi selama setahun ada empat kali donor, dan sengaja kami agendakan satu kali di bulan Ramadan setiap tahunnya,” kata Devina

Ketua Panitia Donor Darah Katan Lie menjelaskan, pada aksi donor darah PSMTI berhasil mengumpukan 163 kantong darah yang nantinya akan disimpan di PMI Batam. “Pendaftar ada 188 orang, namun yang lolos untuk didonorkan sebanyak 163 kantong saja,” katanya.

Dalam kegiatan ini, PSMTI Batam bekerja sama dengan 21 perkumpulan dan marga Tionghoa. Wakil Ketua PSMTI Batam Soufa J Tan mengatakan, melalui aksi ini mampu memberi sedikit bantuan kepada orang yang ditinggal mudik keluarganya agar tidak panik jika membutuhkan darah. “Ketika mereka butuh darah tinggal minta di PMI karena kita sudah mendonor untuk persediaan darah selama Ramadan ini,” kata Soufa.

Selama Ramadan tak hanya PSMTI saja yang sudah melakukan aksi donor darah, beberapa perkumpulan dan marga Tionghoa juga melakukan aksi donor darah di bulan ramadan. “Setahu saya ada tiga perkumpulan, Hakka Batam, Marga Tan dan PSMTI, ini belum lagi dari yang lain,” ujarnya.

Share Berita Ini

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com