SINDOBatam

Terbaru Metro+

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Puncak Arus Mudik Diprediksi H-3 Lebaran

  • Reporter:
  • Jumat, 2 Juni 2017 | 14:09
  • Dibaca : 155 kali
Puncak Arus Mudik Diprediksi H-3 Lebaran
Pesawat Garuda menurunkan penumpang di Bandara Hang Nadim. Foto Agung Dedi Lazuardi.

NONGSA – Manajemen Bandara Internasional Hang Nadim memperkirakan puncak arus mudik Idul Fitri tahun ini terjadi pada H-3 lebaran atau 22 Juni mendatang.

“Perkiraan kami pada H-3 seperti yang terjadi pada tahun-tahun sebelumnya,” kata General Manager Badan Usaha Bandar Udara Hang Nadim, Suwarso, Kamis (1/6).

Dia menjelaskan, pada tanggal tersebut, maskapai Citilink maupun Lion Air sudah mengoperasikan tambahan penerbangan dari Hang Nadim ke sejumlah daerah tujuan.

Citilink melayani penerbangan ke Palembang, Surabaya, Padang, dan Medan. Sementara maskapai Lion Air melayani tambahan penerbangan dari Batam ke Surabaya, Yogyakarta, Padang, dan Pekanbaru. “Ada yang sehari satu kali ke setiap tujuan, ada yang dua kali. Jika penerbangan tambahan efektif maka akan terjadi lonjakan penumpang,” ujarnya.

Mengantisipasi hal tersebut, otoritas bandara telah mempersiapkan segala keperluan untuk menyambut pemudik seperti menambah jumlah petugas keamanan bandara (Avsec) hingga meningkatkan fasilitas dan pelayanan dalam bandara. “Pengalaman tahun sebelumnya puncak arus mudik penumpang yang meninggalkan Batam mencapai hampir 12.000 orang per hari. Kami sudah persiapkan semuanya agar pemudik nyaman,” kata Suwarso.

Untuk tahun ini, manajemen Hang Nadim memperkirakan ada kenaikan jumlah pemudik sekitar 8-12 persen dibandingkan pada 2016. “Perkiraan itu juga sesuai dengan angka kenaikan per tahun yang terjadi di Bandara Internasional Hang Nadim,” katanya.

Suwarso juga mengimbau pemudik agar selalu memastikan tanggal keberangkatan, nama yang tercantum dalam tiket harus sesuai dengan tanda pengenal, tidak membawa barang melebihi bagasi dan tidak menerima barang titipan dari orang yang tidak dikenal. “Pemudik harus datang ke bandara dua jam sebelum penerbangan untuk check-in. Karena biasanya saat puncak mudik antrean untuk check-in sangat panjang,” ujarnya.

Loading...

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com