SINDOBatam

Terbaru Spirit+

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Raih 7 Kali, BPK Jamin WTP Kepri Bersih

  • Reporter:
  • Rabu, 31 Mei 2017 | 12:56
  • Dibaca : 156 kali
Raih 7 Kali, BPK Jamin WTP Kepri Bersih
ilustrasi

PINANG – Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI memastikan praktik jual beli opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) tidak terjadi di Kepri. Predikat WTP untuk Pemprov Kepri, murni karena Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP)-nya memang baik dan akuntable.

“Insya Allah, Pemprov Kepri tidak ada indikasi jual beli atau adanya kecurangan dalam memperoleh predikat opini WTP itu,” kata Wakil Ketua BPK RI Bahrullah Akbar Bahrullah usai paripurna istimewa penyampaiaan LHP BPK RI di DPRD Kepri, Dompak, Tanjungpinang, Selasa (30/5).

Terungkapnya praktik jual beli opini WTP setelah operasi tangkap tangan (OTT) terhadap oknum anggota BPK oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) membuat banyak pihak mencurigai raihan pemerintah hingga ke daerah terhadap predikat WTP dari BPK. Bahrullah memastikan, kejadian ini menjadi pelajaran penting bagi internal BPK.

“Kami akan melakukan pembenahan secara menyeluruh. Sistem akan kami rapikan, transparansi dan aturan akan ditegakkan sampai ke daerah,” tegasnya.

Menurut dia, praktik jual beli opini WTP memang bisa terjadi, termasuk di daerah. Namun, menurutnya, hal tersebut cukup rumit karena pemeriksaan LHP dan pemberian opini WTP harus melalui tahapan panjang. Ia memastikan di Pemprov Kepri termasuk di kabupaten dan kota di Kepri tidak ada praktik jual beli WTP. Raihan opini WTP untuk Pemprov Kepri merupakan yang ketujuh kali berturut-turut, sejak 2010.

“Pemeriksaan dilakukan secara berlapis, sehingga sangat kecil kemungkinan adanya permainan untuk mengubah laporan tersebut,” katanya.

Pada kesempatan itu, Gubernur Kepri Nurdin Basirun mengatakan, keberhasilan Pemprov Kepir meraih kembali opini WTP yang ketujuh dalam LHP Keuangan Tahun 2016 merupakan capaian yang luar biasa.

“Kami tidak akan berpuas diri, kami akan terus melakukan perbaikan. Meski meraih WTP, namun ada sejumlah catatan BPK yang harus segera kami perbaiki,” katanya.

Nurdin menegaskan, tidak ada praktik jual beli untuk opini WTP Pemprov Kepri. “Apa yang diraih Pemprov Kepri ini murni atas kinerja dan usaha keras semua pihak, dan doa masyarakat Kepri. Saya pastikan, tidak ada jual beli dalam meraih WTP ini,” tegasnya.

Nurdin meminta seluruh kepala OPD Kepri, terus meningkatkan kinerja, termasuk dalam membuat laporan keuangan yang baik dan benar. Dengan demikian, seluruh kegiatan yang dibiayai negara akan dapat dipertanggungjawabkan.

Loading...

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com