Sindo Batam

Satgas Fajar Lebih Awal Bersihkan Sampah Buka Puasa dan Sahur

Satgas Fajar Lebih Awal Bersihkan Sampah Buka Puasa dan Sahur
Petugas mengangkut sampah dari perumahan. Foto Teguh Prihatna.

SEKUPANG – Dinas Linkgungan Hidup Kota Batam (DLH) memajukan jam kerja petugas kebersihan saat bulan Ramadan. Mereka diminta turun sejak subuh untuk mengantisipasi tumpukan sampah setelah sahur dan buka Puasa.

“Kami berharap pagi hari Kota Batam sudah bersih dari sampah bekas buka puasa dan Sahur. Karena itu, petugas kebersihan sudah mulai kerja sejak subuh,” kata Kepala Bidang Persampahan DLH Kota Batam, Fairuz Batubara, Senin (29/5).

Menurut dia, memang belum terjadi penumpukan sampah pada tiga hari awal puasa. Saat ini tumpukan sampah masih berkisar 1.000 ton perhari. Namun langkah antisipasi tetap perlu dilakukan agar penumpukan sampah tidak sampai terjadi. Pekerjaan petugas kebersihan tersebar hampir di seluruh kecamatan. Namun fokus utama mereka adalah pasar dan lokasi pelaksanaan bazar Ramadan.

Tugas petugas kebersihan dibantu oleh Satgas Fajar bentukan DLH Kota Batam. Satgas ini bertugas untuk menyapu dan mengumpulkan sampah, untuk kemudian diangkut oleh petugas kebersihan selanjutnya dibawa ke TPS atau TPA. “Kami optimalkan peran-peran mereka agar tetap menjaga kenyamanan dan estetika kota,” katanya.

Memajukan jam kerja petugas kebersihan dan Satgas Fajar membantu untuk mendukung efektifitas kerja mereka sepanjang Ramadan. Menurut Fairuz, dengan bekerja lebih subuh, petugas kebersihan ini bisa merampungkan tugasnya sejak awal. “Jadi sore hari mereka bisa tetap buka bersama keluarga masing-masing. Jadi ibadahnya tak terganggu,” ujarnya.

DLH juga tetap berkoordinasi dan bekerja sama dengan kecamatan. Sebagaian besar Satgas Fajar sudah dilimpahkan ke tingkat kecamatan. Dengan kerja sama, sejauh ini belum ada keluhan warga yang masuk. Pengangkutan sampah secara berkala juga tetap dilakukan.

Share Berita Ini

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com