SINDOBatam

Opini+

Jungkir Balik+

Tebus Perhiasan untuk Lebaran, Warga Serbu Kantor di Pegadaian

  • Reporter:
  • Jumat, 16 Juni 2017 | 14:39
  • Dibaca : 99 kali
Tebus Perhiasan untuk Lebaran, Warga Serbu Kantor di Pegadaian
Warga Serbu Kantor di Pegadaian. Foto Arrazy Aditya.

LUBUKBAJA – Warga Batam berbondong-bondong mendatangi sejumlah kantor pegadaian dua pekan sebelum lebaran. Mereka datang bukan untuk menggadaikan barang, melainkan menenus sejumlah barang, terutama perhiasan emas.

“Fenomenanya sekarang terbalik, orang bukan gadai barang malah ramai-ramai menebus barang mereka, seperti emas,” kata Pimpinan Cabang Pegadaian Nagoya Yandri, Kamis (15/6).

Dia menambahkan, seperti tahun-tahun sebelumnya warga yang datang ke kantor pegadaian di bulan Ramadan mayoritas untuk menebus perhiasan emas untuk dipakai saat lebaran.

Bahkan ramainya warga menebus barang mereka lima terakhir ini transaksi mencapai Rp2 miliar. Hal ini berbanding terbalik dengan orang yang ingin menggadai barang yang hanya sekitar 1 persen, jika dibandingkan dengan hari biasa. “Alasan mereka untuk dipakai saat lebaran khususnya yang hendak pulang kampung,” ujarnya.

Tidak hanya itu saja, karyawan swasta ataupun pegawai negeri sudah menerima tunjangan hari raya (THR) minimal dua minggu sebelum lebaran juga beramai-ramai mendatangi kantor pegadaian.

“Setelah menerima THR, mereka langsung ke pegadaian dan menebus barangnya,” kata Yandri. Menurut Yandri, tren peningkatan gadai kembali usai lebaran dan ini juga menjadi ciri khas setiap tahunnya. Alasan ini karena warga ingin memulihkan kembali perekomoniannya sementara. “Ya mungkin saat lebaran banyak uang keluar, jadi usai lebaran mereka kembali menggadaikan barangnya,” katanya.

Dengan kondisi perekonomian Batam yang kian terpuruk, pegadaian merupakan solusi yang pas sebab pegadaian sangat membantu masyarakat kecil. “Sistem kami adalah fokus ke masyarakat kecil, sehingga sangat membantu perekonomian masyarakat,” ujarnya.

Loading...

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com