SINDOBatam

Terbaru Spirit+

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Turis Mancanegara Mulai Berdatangan ke Pulau Bawah

  • Reporter:
  • Selasa, 30 Mei 2017 | 12:46
  • Dibaca : 238 kali
Turis Mancanegara Mulai Berdatangan ke Pulau Bawah
Sejumlah wisman menaiki pesawat carter di Bandara Letung, Anambas, menuju Pulau Bawah belum lama ini. Otoritas Imigrasi Anambas tidak tahu wisman mulai berdatangan untuk berlibur di Pulau Bawah. JHON MUNTHE

ANAMBAS – Kunjungan wisatawan mancanegara ke Pulau Bawah, Anambas, belum diimbangi dengan keberadaan kantor imigrasi di pintu masuk bandara. Sementara turis sudah mulai berdatangan ke resort itu menggunakkan pesawat carter rute Batam-Letung.

Dari informasi, pesawat carter khusus turis Pulau Bawah sudah mendarat enam kali sejak Festival Padang Melang pada pertengahan Mei lalu. Turis asing ini dicek di imigrasi Batam lalu berangkat dari Bandara Hang Nadim menuju Bandara Letung.

Meski terbilang lancar, Imigrasi Kelas III Tarempa justru tidak mengetahui kedatangan turis ke Pulau Bawah belakangan ini. Kepala Imigrasi Tarempa Ikhsanul Pane mengungkapkan manajamen Pulau Bawah baru memberitahu kedatangan turis itu ketika ia hubungi, Senin (29/5).

“Setahu saya mereka beroperasi Juli nanti. Jadi kami tidak tahu kalau turis mulai datang, apalagi tidak ada pegawai imigrasi di Bandara Letung,” ungkap dia, kemarin.

Menurut Ketua Tim Pengawasan Orang Asing di Anambas ini, Kantor Imigrasi masih kekurangan personel di lapangan. Persoalan ini sudah dilaporkan ke Kanwil Hukum dan HAM di Kepri. Selain personel, otoritas imigrasi juga belum mendirikan pos di Bandara atau di Pulau Bawah. “Barangkali baru tahun anggaran depan baru bisa diusulkan pos imigrasi di bandara dan Pulau Bawah,” sambung dia.

Meski begitu, manajemen Pulau Bawah yang dihubungi Ikhsanul membenarkan ada beberapa turis asing yang telah berkunjung ke Pulau Bawah dengan pesawat carter.

“Saya tunggu data dan warga negara mana saja yang datang ke Pulau Bawah,” sebut Ikhasanul.

Sementara, Kepala Satuan Pelaksana Bandara Letung, Ariadi menyebut bahwa selama bulan Mei sudah enam kali pesawat carter mendarat di Bandara Letung, dengan jumlah keseluruhan penumpang 41 dengan tujuan Pulau Bawah. Mereka menggunakan pesawat carter karena sampai saat ini belum ada pesawat reguler yang mendarat di Letung.

“Kami tidak tahu warga negara mana saja, yang kami tahu mereka itu wisatawan,” ujarnya ketika dihubungi, kemarin.

Loading...

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com